Tentang BSDM

button-twitter.png button-facebook.png

Sejarah Singkat

Sejak berdirinya Universitas Trisakti tanggal 29 November 1965, operasional yang menangani dan mengelola urursan kepagawaian adalah setingkat sub seksi personalia yang dikepalai oleh Kepala Sub Seksi Personalia dan bertanggungjawab kepada Anggota Presidium Bidang Administrasi Keuangan yang setara dengan fungsi tugas Wakil Rektor II.

Pada tanggal 1 April 1970 sesuai dengan SK Presidium sementara Universitas Trisakti nomor 012/USAKTI/KP3/Adm/Keu/III/70 tanggal 31 Maret 1970 dilakukan perubahan dengan nama Urusan Personalia yang bertanggungjawab langsung kepada Anggota Presidium Bidang Administrasi Keuangan setara dengan fungsi tugas Wakil Rektor II.

Pada tanggal 16 Januari 1976, ditetapkan dengan SK Rektor No.035/U/SK/76 tanggal 21 Januari 1976 menjadi Seksi Personalia yang bertanggungjawab kepada Pembantu Rektor Bidang Administrasi Keuangan.
Pada tanggal 1 Maret 1980, ditetapkan dengan SK Rektor No.055/USAKTI/R/1980 tanggal 29 April 1980 menjadi  Bagian Personalia yang bertanggunga kepada Pembantu Rektor Bidang Administrasi Keuangan.
Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Trisakti Nomor 018/USAKTI/SKR/V/1983 tanggal 30 Mei 1983 tentang Struktur Organisasi Universitas Trisakti dilakukan perubahan lagi menjadi Biro Administrasi Personalia yang dipimpin oleh Kepala Biro yang bertanggungjawab kepada Rektor melalui Pembantu Rektor II.
Berdasarkan SK Rektor No.113/USAKTI/SKR/XII/1986 tanggal 23 Desember 1986 dilakukan penyesuaian lagi, dimana Biro Administrasi Personalia dihapus dan diganti namanya menjadi Bagian Administrasi Kepegawaian Karyawan dibawah tanggungjawab Biro Administrasi Umum.

Terhitung mulai tanggal 1 Agustus1990 Bagian Administrasi Kepegawaian Karyawan yang sebelumnya dibawah Biro Administrasi Umum, dipecah menjadi 2 (dua) Bagian yaitu :
1) Bagian Administrasi Pembinaan Tenaga Akademik dibawah tanggungjawab Biro Administrasi Akademik
2) Bagian Administrasi Pembinaan Tenaga Penunjang dibawah tanggungjawab Biro Administrasi Umum,
Perubahan tersebut sesuai dengan SK Rektor No. 088/USAKTI/SKR/VII/1990 tanggal 31 Juli 1990 jo SK Rektor no. 131/USAKTI/SKR/IX/1990 tanggal 25 September 1990.

Kemudian sesuai dengan SK Rektor Nomor 142/USAKTI/SKR/IX/1993 tanggal 30 September 1993 bagian Administrasi Pembinaan Tenaga Akademik dan Bagian Administrasi Tenaga Penunjang digabung lagi menjadi Biro Administrasi Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang membawahi 4 (empat) Bagian yaitu :
  1. Bagian Administrasi Pembinaan Dosen
  2. Bagian Administrasi Tenaga Penunjang
  3. Bagian Diklat dan Pengembangan
  4. Bagian Hukum dan Organisasi
Terhitung mulai tanggal 1 Juli 1994 Biro Administrasi Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dibubarkan dan selanjutnya Bagian Kepegawaian Non Dosen berada dibawah tanggung jawab Biro Administrasi Umum, dan Bagian Administrasi Kepegawaian Dosen berada dibawah tanggung jawab Biro Administrasi Akademik, sedangkan Bagian Hukum dan Organisasi diubah menjadi Bagian Hukum dan Perundang undangan berada dibawah tanggung jawab Sekretariat Rektorat, Sub Bagian Diklat berubah menjadi Sub Bagian Perencanaan Evaluasi dan berada dibawah tanggung jawab Biro Administrasi Akademik yang ditetapkan dengan SK Rektor No. 067a/USAKTI/SKR/VI/1994 tanggal 30 Juni 1994.

Dalam perkembangan berikutnya sesuai dengan SK Rektor Nomor 171/USAKTi/SKR/VII/1996 tanggal 29 Juli 1996 ditetapkan struktur organisasi baru yang berkaitan dengan kepegawaian yaitu dibentuknya Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kerjasama yang mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi dan pelayanan dibidang sumber daya manusia dan kerjasama, dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang bertanggungjawab kepada Rektor melalui Pembantu Rektor IV. Selain pembentukan BPSDMKS berdasarkan SK tersebut juga telah dilakukan penyatuan kembali mengenai pengelolaan bagian administrasi kepegawaian dosen yang semula dibawah tanggung jawab BAA dengan Bagian Administrasi Kepegawaian Non Dosen yang semula dibawah tanggung jawab Biro Administrasi umum dilakukan penggabungan menjadi Biro Administrasi Sumber Daya Manusia dengan lingkup tugas bidang administrasi kepegawaian dan kesejahteraan dibawah Biro Administrasi Umum.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 016/USAKTI/SKR/I/1999 tanggal 11 Januari 1999 yang berlaku secara efektif mulai 1 Januari 1999 Bagian Administrasi Kepegawaian Non Dosen dari BAUM dan Bagian Administrasi Kepegawaian Dosen dari BAA berubah menjadi Biro Sumber Daya Manusia ditambah Bagian Administrasi Pengembangan Dosen dari BPSDMKS yang dipimpin oleh seorang Kepala Biro dan bertanggungjawab kepada Rektor melalui Pembantu Rektor I untuk urursan dosen, Pembantu Rektor II untuk urusan non dosen dan kesejahteraaan karyawan, serta Pembantu Rektor IV untuk urusan pengembangan karyawan.
Dies 2018

Tentang Biro Sumber Daya Manusia

Selamat datang di website kami. Website ini masih dalam pengembangan. Silakan bookmark kami dan kunjungi kami kembali di lain waktu.

Hubungi Kami



Email: humas@trisakti.ac.id